Belajar di Belanda: Makan dan Minum di Kelas (1)

Banyak perbedaan dan hal-hal aneh yang baru Masboi temui selama jadi anak sekolahan di Wageningen, negeri Belanda. Sesuatu yang mungkindi Indonesia dianggap melanggar, tidak sopan, tapi ini di Belanda dianggap normal, wajar. Salah satunya tentang makan atau minum di kelas.

Sebagian besar teman-teman kuliah membawa makanan dan minuman di tasnya. Dan mereka makan dan minum pada saat pelajaran berlangsung. Cuek saja. Guru atau dosennya juga santai-santai saja. Mereka juga melakukan hal yang sama, misalnya dengan membawa segelas teh atau minuman lain ketika masuk ke kelas. Untuk minum, mereka biasanya mengisi ulang botol Aqua mereka langsung dari kran di wastafel di toilet.

De Telegraaf, 20 Mei 2008, memuat foto dan berita tentang suasana ujian negara SMU di Etty Hillesum Lyceum di kota Deventer. Di setiap meja terlihat apel, pisang, roti, Coca Cola, Aqua danl lain-lain. Makan dan minum di ruang ujian dianjurkan di Belanda, sebab dapat menambah energi siswa yang ujian, dus bagus buat resultatnya nanti.

10 Comment(s)

  1. Disana ada jual “Aqua” juga ya? kirain merk lokal itu. :D

    Au' | May 23, 2008 | Reply

  2. bisa diterapin dinegara ini ga ya?

    cipluq | May 23, 2008 | Reply

  3. gitulah di belanda, rapat aja selalu ada kopi dan teh biar gak ngantuk :) )
    di belanda makan bukan adat, jd kalo makan siang buru2, cuma makan roti, kalo istirahat siang pendek bgt. bandingin sama org belgia, di kantin berbagai macam makanan hangat dr daging, kentang, pasta dkk dan org lbh menikmati jam istirahat makan siang.

    kalo diterapin makan/minum di indo pas di kelas, kebayang gak sih ada yg bawa bakso, gorengan, es teler? hihihihi…

    retno | May 23, 2008 | Reply

  4. masalah lainnya.. bangku kuliah + mejanya kecil banget, hanya cukup untuk catatan, sedangkan kalau harus membuka buku yaa terpaksa dipegang. kurang nyaman jadinya.. *rindu bangku sekolah dulu*

    bener juga yang mba retno bilang… apa jadinya kalau ke kelas ada yang bawa bakso, bisa ramai seisi kelas…

    di kampus saya, bener2 laper… n mau makan dikelas, masih (harus) ngumpet2. Seolah-olah membaca buku padahal dibalik itu sedang berusaha memasukkan sesuatu ke dalam mulut.. ho ho ho.. :lol:

    aprilia gayatri | May 24, 2008 | Reply

  5. saya kira paradigma makan-minum di kelas selama ini ngga bagus untuk di Indonesia. tapi, di Belanda malah diperbolehkan.
    bisa juga nih nanti diterapkan di kelas saya. hehehe….(memangnya saya punya kelas,red) :)

    Eriek | May 24, 2008 | Reply

  6. hmm, kl selama pelajaran no problem sih, tp kalo ujian, dan nasib sial. bkn ga mungkin kopi susu dalem botol tumpah di kertas ujian :D

    Ouja | May 24, 2008 | Reply

  7. Wah asyiknya belajar disana…
    saya termasuk yang nggak betah kuliah nih Mas Boi…
    Oh ya, Mas Boy aku link di Blog sayasatria.blogspot.com
    dapt link dari Mas Boi kayaknya asyik juga :)

    Saya Satria | Mohon Doa Mau bisnis Batik | May 27, 2008 | Reply

  8. eh.. dulu saya bisa minum pas kuliah di indo loh…
    asli, beneran ga boong!
    khusus dosen itu doang, dengan alesan… kelas pagi kekekekeke

    cyn | May 31, 2008 | Reply

  9. halo masboi…

    eh aku pas sma pernah lo dibolehin makan samo minum dikelas…

    pas pelajaran bahasa inggris…

    soalnyo gurunyo jg ngerokok didalem kelas…

    hahahaha…

    guru yang adil…

    ezZa | Jun 9, 2008 | Reply

  10. Alo mas, pernah aq nanya ma temanku, kenapa ga bawa makanan ke kampus aja biar ga laparr (maklum kuliahnya sampee bikin perut mules, hehe)… jawabnya,, waah, kalo aq bawa makanannya ntar bukan aku yang makan.. malah teman2ku yang habisin makanannya. hahaa.. ‘Indo banget’ jawabannya :)

    win_she2000 | May 1, 2009 | Reply

Post a Comment