Kejutan di Hari Ultah

Tiga bulan lebih Masboi berada di Indonesia, blog ini juga kesepian karena ditinggalkan yang empunya. Namun, hari ini si empunya balik lagi karena ini adalah hari istimewa.

Awalnya, Masboi mendapat email dari seorang sahabat. Dia menulis begini:

“Dear Mas Boi. Syaloom in Christo. Maaf Mas, saya mo minta bantuan atas waktu mas kira-kira 30 menit mas instalin software di labtop saya entar sore sekitar jam 18.30-an, saya sekalian mo diskusi kira-kira cara bahas result dan diskusinya. Saya mo pakai tuk analisis data saya. Kalau oke, sekarang skalian mo beli softwarenya sekarang di Computechnion. Mhon informasinya yah. Atas bantuan dan kerjasama mas, saya sampaikan termakasih. Salam hormat, Deny.”

Email ini dikirimkan oleh Bung Deny, sahabat saya di Wageningen, seorang jong asal Manokwari, Papua. Sebelumnya, sekitar pukul 12-an saya bertemu Bung Deny di Gedung Forum Kampus Wageningen. Dia mengatakan baru saja kirim email kepada saya minta tolong untuk menginstal software di kamarnya sore nanti di kamarnya jam 18.30.

Email itu langsung saya buka karena saya kebetulan sedang bergumul dan dengan Mbak T(esis) di depan computer. Saya memang beberapa kali diminta teman-teman untuk menginstal laptop. Karena itu saya bilang, “Oke, bung saya siap.” “Nanti sore saya ke kamarmu.”

Kamis, 19 Februari 2009. Hari ini adalah hari ulang tahun saya. Seperti biasa tak banyak orang tahu, kecuali orang rumah yang sudah menelpon jam 12 malam dan meninggalkan message di YM. Saya sebenarnya tidak terlalu memikirkan ulang tahun. Malas, karena setiap kali ulang tahun artinya saya makin tua.

Wah, ini ulang tahun tapi kok suasananya sepi sih? Setelah suntuk bergumul dengan Mbak T, iseng-iseng saya membuka Facebook dan memasang tag status: Selamat Ulang Tahun Masboi…

Beberapa saat setelah dipasang, satudua kawan langsung mengucapkan selamat, baik lewat dinding Facebook maupun lewat YM. Beberapa masih tidak percaya dan tidak tahu bahwa saya ulang tahun. Memang tidak mencantumkan tanggal lahir di saya di Faceboook. Takut ketahuan bahwa saya sudah tuwir! Padahal, saya kan merasa masih 25-an.

Malamnya, setelah pulang dari kampus saya sebelumnya membikin Indomie goreng karena sudah lapar. Kemudian nonton acara Top Dog di Animal Planet. Begitu banyak program tv, yang saya tonton hanya Animal Planet dan CNN.

Pukul 18.45 saya akan berangkat ke kamar Deny, dan tiba-tiba Deny menelpon. “Oke bung, sebentar lagi saya naik,” jawab saya sambil keluar kamar menuju ke kamar Bung Deny di lantai 17.

Saya memencet bel, kemudian Bung Deny membukakan pintu. “Minta maaf Bung, saya nonton Animal Planet dulu.” “Oke tidak apa-apa Mas. Langsung masuk saja,” jawabnya.

Saat masuk tiba-tiba ada percikan air menerpa wajah saya. Di balik pintu terlihat Meis, Vivi, dan Naresh cekikikan. Saya masih diam beberapa saat. Saya belum sadar tentang apa yang terjadi. Sekilas saya melihat ada kue dan empat lilin kecil di meja. Rupanya saya dikerjain.

Ada perasaan sedikit gondok bercampur senang, akhirnya saya disuruh meniup lilin dan ber-make a wish. “Saya ingin tahun ini kuliah saya selesai; ingin isteri saya bisa ke Belanda; dan bisa dikaruniai anak segera,” dan langsung fuuuuuhhh… Empat lilin kecil yang menyala pun mati.

Setelah itu kami makan hidangan yang disiapkan oleh mereka bertiga. Nikmat dan lezat. Setelah itu, ngobrol sana sini dan tak lupa foto-foto, sekaligus menjadi model Bung Deny menjajal kamera baru.

***

Dua hari lalu, Selasa, 17 Februari 2009 saya bergabung dengan Vivi dan Meis bikin kejutan untuk Naresh yang berulang tahun. Saya tidak menyangka bahwa hari ini saya yang giliran mendapat kejutan. Jadi terharu rasanya.

Geram karena berhasil dikerjain.

Masboi dan Naresh: Dua orang korban

Vivi, Masboi, Naresh: Terperangah melihat kue ulang tahun.

Sepus dan Deny: strateginya meyakinkan.

***

Jadi teringat waktu jaman kuliah di Atmajaya Jogja, saya tergolong kejam dan sadis ketika mengerjai teman yang ulang tahun. Jika ada yang ulang tahun, malam-malam saya mengompori teman-teman untuk menangkap orang yang ultah. Kemudian kami mengingat tangan dan kakinya dengan tali. Setelah itu kita coret-coret mukanya.

Sekali waktu, Lalang yang berulang tahun, setelah kita ikat, dia kita ceburkan di kolam kecil di Kampus dan direndam beberapa saat. Kemudian dia kita tinggalkan di halaman gedung Pusgiwa yang waktu itu sedang hujan gerimis. Setelah dua jam kita siksa, barulah dia kita lepas, dan kita ucapkan Selamat Ulang Tahun.

***

Kue ultah dan penggembira

Untuk teman-teman semua: terima kasih atas kejutannya. Kegilaan-kegilaaan seperti ini menjadikan persahabatan kita menjadi lebih berwarna. Ada bahan cerita untuk anak cucu besok. Minimal, ada bahan cerita untuk menulis di blog ini.***

11 Comment(s)

  1. Selamat ulang tahun Masboi..
    Wish u all the best dan sehat selalu.
    Kok sama kayak saya dulu ya suka ngerjain orang ultah.Giliran di sini saya juga dikerjain habis sama teman-teman jaman master dulu..he..he

    Vitri | Feb 20, 2009 | Reply

  2. selamat ulang tahun yo mas. sukses dgn thesisnyo, biar cepet berkumpul dgn istri lg :)

    retno | Feb 20, 2009 | Reply

  3. Ooooooooo, ini to roti yang Njenengan tawarkan?
    Hehehe, terima kasih boleh ikut mencicipi..
    Selamat tahun baru, Kang!
    Wish u all the best!
    :)

    Teratai Biru | Feb 20, 2009 | Reply

  4. Lho…lho…Mos Bo I ultah toch…ko ga undang2..met ultah ya kang Boy..panjang umur sehat selalu…

    Wish u all the Best
    Neneng Novi

    Novi | Feb 22, 2009 | Reply

  5. jadi bener baru 25 tahun ya?? :D

    selamat!!!

    rd Limosin | Feb 22, 2009 | Reply

  6. Met ultah masboi… sori telat :D

    Nike | Feb 23, 2009 | Reply

  7. met’ ultah ya bleh….

    smoga semua harapanmu selalu terkabul…
    tetap bersahaja…GBU

    widoel

    widoel | Feb 23, 2009 | Reply

  8. Selamat ultah Mas Yohanes Widada…

    BBH | Feb 26, 2009 | Reply

  9. Wahh orang Mataram di Londo…
    Salam kenal masboi
    Kalo masboi masih inget dengan merasi, saya dari A.Widodo. Rumah saya deket tugu Ikan yang legendaris itu :D
    Oh ya Met Ultah, Sorry Telat banget ;)

    MasWawa | Feb 26, 2009 | Reply

  10. wahh ternyata si bos bertambah tua :D hahaha..

    itu ada 4 lilin? udah 40 yaaa? hueheuhe.. :P

    aRdho | Feb 26, 2009 | Reply

  11. met ultah mas boi..
    smoga smua doanya terkabul..
    amiinn :grin:

    jadi mnurut mas boi umur 25 itu masih muda yah?? saya ko merasa dah tua banget, ya mas? :cry:

    bikpici | Mar 29, 2009 | Reply

Post a Comment