Radio PPI Dunia: Menemani Sobat PPI di Seluruh Dunia

Radio PPI Dunia diluncurkan pada hari Senin, 18 Mei 2009 pukul 00.00 WIB. Sebelumnya, radio ini telah melakukan uji coba siaran sejak 26 April 2009. Peluncuran Radio PPI dunia ditandai dengan siaran berantai dari Mesir, Belanda, Jerman, Rusia, Korea Selatan, Malaysia, Inggris, dan Australia. Radio ini akan menemani pendengar setianya di seluruh dunia dengan siaran 24 jam.

Radio PPI Dunia digagas oleh Aliansi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di seluruh dunia. Kelahiran radio ini diinisiasi momen Simposium Internasional di Den Haag, Belanda. Hingga saat ini, sebanyak 10 PPI di seluruh dunia terlibat di radio ini.

Radio PPI Dunia merupakan radio online atau streaming yang disiarkan lewat internet dan bisa didengarkan melalui situs http://www.radioppidunia.com Pendengar juga dapat berkomunikasi dengan penyiar serta berkirim salam dan lagu melalui pesan singkat Yahoo Messenger: [email protected]

Format radio online dipilih karena radio dengan konsep tersebut memiliki keunikan dan keunggulan dibandingkan media massa lainnya. Teknologi internet yang bersifat tidak terbatas memungkinkan kami, para pelajar Indonesia yang terpisah dan tersebar di berbagai negara untuk berkolaborasi dan siaran bersama. Meski kami tidak bertemu secara fisik rasa kedekatan dan persaudaran itu tumbuh serta menjadi sebuah komunikasi tanpa batas.

Fasilitas internet memungkinkan komunikasi dan interaksi yang lintas batas sehingga radio ini bisa menjangkau khalayak yang sangat luas dan dapat diakses dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Kami berharap radio ini bisa menjadi media komunikasi, interaksi, informasi, dan silaturahmi pelajar dan masyarakat Indonesia di seluruh dunia.

Warna-warni

Variasi warna di dalam radio ini telah terbukti dengan bersatunya 45 penyiar di bawah naungan satu radio bersama Radio PPI Dunia. Penyiar Radio PPI Dunia adalah pelajar atau mahasiswa Indonesia yang sedang menjalani studi di berbagai negara dengan karakter dan ciri khas mereka masing-masing.

Perbedaan latar belakang dan kemajemukan penyiar adalah gambaran dari Bhineka Tunggal Ika. Latar belakang pendidikan mereka pun beragam. Ada yang belajar di program S1, S2, bahkan S3. Radio PPI Dunia merupakan simbol istimewa karya anak bangsa yang tidak ternilai dimana rasa persatuan dan cinta terhadap bangsa terbangun dan tumbuh melalui suara pemuda Indonesia di seluruh dunia.

Sebagai radio yang digawangi oleh para pelajar, program Radio PPI Dunia ini mempunyai keunikan tersendiri. Selain menjadi media silaturahmi, radio ini juga menjadi media tukar informasi dan pengetahuan. Apalagi karena sumber daya radio ini adalah para pelajar Indonesia yang terdidik di luar negeri. Mereka bisa saling menularkan ilmu, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan lewat radio ini. Radio ini diharapkan bisa menjadi ruang publik untuk melihat, mengkaji, mendiskusikan, dan mencari masukan untuk Indonesia yang lebih baik.

Sebagai media komunikasi massa yang mengusung konsep citizen broadcasting, radio ini berperan sebagai media informasi lewat sajian informasi, berita, feature, dan dinamika yang terjadi di Indonesia dan dunia. Sebagai media edukasi radio ini menyakinkan materi yang bersifat mendidik, seperti membahas penemuan-penemuan terbaru di bidang iptek. Sebagai media hiburan, radio ini akan menghibur sobat PPI Dunia dengan program sajian salam dan lagu. Tak lupa, radio ini menjadi media kontrol sosial dengan menyampaikan informasi dan kritik sosial ala pelajar dan mahasiswa.

Untuk mewujudkan peran tersebut, Radio PPI Dunia menyajikan tiga program pokok. Pertama, informasi atau paket paket berita. Kedua, perbincangan atau talkshow. Ketiga, program musik yang berupa salam dan lagu, tangga lagu, atau sajian musik bertema tertentu. Program tersebut diramu dan menjadi sesuatu yang murni dari hasil anak negeri persembahan bagi negeri.

Di sela-sela tugas utama mereka sebagai pelajar, mereka telah merintis media komunikasi yang interaktif dan lintas batas. Radio PPI Dunia ini menjadi bukti cinta mereka kepada Indonesia. Mari berkarya anak bangsa bangun negeri tercinta! Salam radio!

Pengurus:
1. Ade Darwadi - Koordinator Umum (Permira/PPI Rusia): [email protected] yahoo.com
2. Elvira Fidelia – Sekretaris (Perpika/PPI Korea): [email protected]
3. Yohanes Widodo - Koordinator Program (PPI Belanda): [email protected] com
4. Honesty Yanwirsal - Koordinator Penyiar (PPI Jerman): [email protected] co.uk
5. Muhammad Hasby - Koordinator Teknik (PPMI/PPI Mesir): [email protected] yahoo.com

3 Comment(s)

  1. Favorit sementara, DJ Mela dari Malaysia, dah cocok jadi penyiar beneran tuh….

    Lakone | May 20, 2009 | Reply

  2. DJ dari korsel lebih ampuh

    L | May 20, 2009 | Reply

  3. Dj Inest donk favorit gw!
    cakep pinter lagi. suaranya kerennnnn

    Samuel | May 21, 2009 | Reply

Post a Comment